Tazkiyatun Nafs

Menjaga Amal

Bisa jadi amal-amalmu yang menggunung di matamu itu akan jadi debu-debu bertebangan di mata Allah Azza wa Jalla… Karena Allah berkata, “Kamu bohong, amal-amalmu itu tidak untukKu.”

Maka perhatikanlah:
1. Jangan sebut-sebut pemberian kepada orang yang menerima sedekah,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تُبْطِلُواْ صَدَقَاتِكُم بِالْمَنِّ وَالأذَى كَالَّذِي يُنفِقُ مَالَهُ رِئَاء النَّاسِ وَلاَ يُؤْمِنُ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْداً لاَّ يَقْدِرُونَ عَلَى شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُواْ وَاللّهُ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (Al Baqarah:264)
2. Jangan tampakkan ibadah dan perhatikanlah saat sendiri dan saat ramai apakah sama dalam amal ibadah,
3. Jangan pandang rendah saudara-saudara muslim yang tidak sholat malam, tidak puasa sunnah sepertimu, tidak lancar bacaan Al Qur’an, tidak memiliki kemuliaan ilmu/gelar/kedudukan/harta/keluarga/anak/popularitas karena di sisi Allah kita tak mengetahui,
4. Bertaubat dan beristighfar atas perbuatan dosa dan maksiat, karena catatan amal tiap manusia akan dikalungkan.

وَكُلُّ شَيْءٍ فَعَلُوْهُ فِي الزُّبُرِ (52) وَكُلُّ صَغِيْرٍ وَكَبِيْرٍ مُسْتَطَرٌ (53)

“Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan (yang ada di tangan Malaikat). Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.” (QS. Qomar: 52-53)

Suatu amalan akan diterima dengan syarat: sesuai tuntunan Rasulullah dan dilakukan dengan ikhlas.

Wa’allahu ‘alam bishowab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s