Catatan Kajian

Shalihah

Wanita Shalihah Lebih Utama dari Bidadari Surga

Beruntunglah menjadi seorang wanita shalihah. Di dunia ia tentu banyak disukai baik oleh suaminya, orangtuanya, saudara-saudaranya, sahabat-sahabatnya, tetangga-tetangganya ataupun siapapun yang mengenal dirinya. Yang luar biasa, di sisi Allah SWT, seorang wanita shalihah, jangankan ucapan dan perilakunya, jangankan ibadah dan akhlaknya, bahkan sekadar kerudung (tutup kepala)-nya saja sudah sangat istimewa.

Keistimewaan wanita shalihah ini tergambar dalam sabda Rasulullah saw., “Sungguh kerudung (tutup kepala) salah seorang wanita ahli surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Lebih dari itu, bukan hanya dijamin masuk surga, seorang wanita shalihah bahkan berpeluang meraih kedudukan yang lebih tinggi daripada bidadari di surga itu sendiri.
Hal ini dinyatakan oleh Rasulaullah saw. saat ditanya oleh salah seorang istrinya, Ummu Salamah ra., “Ya Rasulullah, mana yang lebih utama, wanita dunia ataukah bidadari surga yang bermata jeli?”
Jawab Rasulullah saw. “Wanita dunia lebih utama daripada bidadari-bidadari yang bermata jeli, sebagaimana kelebihan apa yang tampak daripada yang tidak tampak.”

Kemudian saya bertanya lagi, “Karena apa wanita lebih utama daripada bidadari?”
Beliau menjawab, “Karena shalat mereka, puasa mereka dan ibadah mereka kepda Allah. Allah meletakkan cahaya di wajah mereka. Tubuh mereka adalah kain sutra. Kulitnya putih bersih. Pakaiannya berwarna hijau. Perhiasaannya kekuning-kuningan. Sanggulnya mutiara. Sisirnya terbuat dari perak.” (HR ath-Thabrani). Semoga Anda, para wanita, termasuk ke dalam golongan para wanita shalihah. Aamiin.

Cara menjadi shalihah:
1. Taufik dan hidayah Allah SWT: cahaya hidayah di hatinya. Minta tolong pada Allah.
2. Kesungguhan kita dalam berusaha. Berada dalam naungan Al Quran dan As Sunnah.
3. Setiap perbuatan senantiasa diniatkan untuk mendekatkan diri, menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya (mencapai ketaqwaan).
4. Taat pada Allah dan ayah/suami.

Semoga bermanfaat. Wa’allahu ‘alam bishowab.

Referensi:

Syifatul Saidatul Solehah

Kajian Ustadz Fatih Karim (Cinta Quran Foundation)

Kajian Ustadz Muhammad Nurul Dzikri, Lc (Salwa TV)
https://m.youtube.com/watch?v=M-W85KATkP8&feature=youtu.be

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s