Catatan Kajian

Dosa Syirik

Renungan ini mengingatkan kita agar menjauh dari perbuatan syirik, sebagai sebuah perbuatan berdosa yang akan menghapus semua amalan, karena telah mempersekutukan-Nya baik dalam perkataan, pegangan, perbuatan maupun itikad. dan akan menyebabkan kerusakan serta bahaya yang besar bagi diri kita.

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun”. [An-Nisaa 36].

“Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar”. [An-Nisaa 48].

Saat ini perbuatan syirik tengah marak terjadi disekeliling kita, seperti kepercayaan kepada tempat keramat, keyakinan penuh kepada dukun serta paranormal yang sesat, penggunaan penangkal dan jimat serta banyak lagi perbuatan yang menjurus kearah syirik, sebagai hasil dari godaan dan hasutan setan.

“Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuhmu, karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala”. [Fathir 6].

Pada dasarnya syirik menghinakan kemuliaan manusia, menurunkan derajat dan martabatnya serta merupakan dosa besar yang tidak terampuni, yang akan menempatkan kita dalam neraka.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya”. [An-Nisaa 48].

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga dan tempatnya ialah neraka”. [Al-Maaidah 72].

Selain itu syirik juga merupakan perkara yang sangat terkutuk, karena telah melakukan kedzaliman yang paling dzalim serta kemungkaran yang paling mungkar.

“Sesungguhnya menyekutukan Allah adalah benar-benar kedzaliman yang besar”. [Luqman 13].

Maka jauhilah perbuatan syirik karena akan menghapus pahala atas semua amalan serta dan akan menempatkan kita dalam golongan yang sangat merugi.

“Jika kamu mempersekutukan Allah, niscaya akan hapus amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi”. [Az-Zumar 65].

“Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan”. [Al-An’aam 88].

Maha benar Allah dengan segala Firman-Nya.

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka kedalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab”. [An-Nisaa 56].

Semoga renungan tengah bulan Jumadil Akhir yang ke-dua ini akan menjauhkan kita dari segala perbuatan syirik, karena akan menghapus semua amalan-amalan serta akan diharamkan-Nya surga atas diri kita. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Referensi: BRH/TMI-Tafakur Meditasi Islam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s