Tafakur

Pernikahan adalah Ibadah

“APA YANG DIMAKSUD PERNIKAHAN ADALAH IBADAH”

Beberapa hari yang lalu, saya mendengarkan ceramah Ustadz Khalid Basalamah. Saya baru mendapatkan jawaban yang tepat dari “pernikahan adalah ibadah”. Walaupun pernikahan adalah sunnah Rasulullah yang utama, namun ada saat dimana saya pernah tidak mau menikah karena merasa tidak pas dengan konsep pernikahan, saya merasa trauma, dan berbagai sebab yang tak mampu bibir ini terucap. Suami saya sering menggunakan dalil, “Pernikahan adalah sunnah Nabi dan barangsiapa tidak menyukai sunnahku bukan termasuk kaumku.”
Tentu saja saya tak bisa berkata apa-apa kalau sudah di-skak mat begitu.

Ketika ada seorang pria meminang wanita dengan alasan ibadah. Sebelum meminang dia berkata, “Perjuangan (hidup)mu denganku saja”, lalu bertahun-tahun kemudian dia bilang “Kamu tidak ada dalam rencana hidupku”, maka itu bukan suatu ibadah.

Ketika ada seorang pria terciri sholih namun ada hak-hak istri yang tidak dipenuhi, ataupun seorang bertopeng yang munafik, maka itu bukan suatu ibadah. Dan barangkali wanita yang ‘jaim’ sholihah yang ditakdirkan berpasangan dengannya. Astaghfirullah. Maka jadilah apa adanya di depan calon suami atau istri.

Ketika seorang wanita masih menomorsatukan hak orang tuanya dibanding suaminya, maka itu bukan ibadah.

Seorang wanita sangat berbeda dengan pria. Wanita yang lembut, penuh perasaan, bawel, terkadang baper dan cemburu. Sementara pria yang tegas, terkadang keras, kasar, bahkan cuek. Keduanya tidak perlu memaksakan. Karena keduanya memang berbeda. Di saat pria dan wanita saling menghargai, saling bersahabat, saling peduli, dan komitmen itu ada maka kehidupan yang naik turun dan cinta yang memudar akibat rasa jenuh seiring waktu bukan menjadi badai yang menghancurkan. Namun ibarat pohon, akar yang kuat menjadikan pohon itu terus tumbuh, bahkan mengayomi sekitarnya. Dia tidak tumbang oleh badai.

Pernikahan adalah ibadah itu…
Bagaikan engkau masuk masjid, kalau sudah masuk nggak bilang “saya nggak jadi masuk” dengan alasan panas, nggak nyaman, atau saya nggak suka… Begitu kira-kira kata Ustadz Khalid Basalamah.

Pernikahan adalah ibadah itu…
Kita memenuhi rukun-rukun ibadah dan yang kita harap hanya ridho Allah… Karena memang betul-betul hanya keikhlasan yang menjadikan pernikahan kita selamat hingga surga.

Semoga bermanfaat. Coretan tangan dari saya yang masih bodoh. Kalau ada kata-kata yang tajam, mohon dimaklumi karena kekritisan saya semata.

Palembang, 3 Desember 2016.
~IPS~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s