Tazkiyatun Nafs

Penyembuhan Sakit Hati

أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ 
“Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar Ra’d:28)

Rasa sakit itu… Terima dan lepaskan. Pun jangan ditolak, diingkari ataupun dilawan dari hati. Tidak ada yang kebetulan dariNya. Segala sesuatu telah tercipta dengan ketentuan yang terbaik.

Ketika ada terlintas momen yang mengingatkan kita, misalnya tiba-tiba bangun tidur lalu sakitnya masih terasa…maka terima saja.

Lalu berdoa,
“Ya Allah yang Maha Bijaksana, Maha Mengetahui, kuserahkan urusan ini padaMu…tiada yang paling adil dan paling baik selain Engkau…”

Maka legakan hati dengan terapi dzikrullah, shalawat, tahajud, dan obat Al Quran, karena memaafkan memang pekerjaan seumur hidup. Maafkan yang menyakiti yang sempat maupun tidak sempat meminta maaf…

Sayangi diri, tenang, bahagia…jangan sampai rasa sakitmu membuatmu mencari korban dengan melampiaskan pada orang yang justru tidak pantas…itulah lingkaran kegelapan. Naudzubillahi min dzalik.

Kembali pada Allah dengan qalbun salim (hati yang selamat) dan nafs muthmainah (jiwa yang tenteram). Carilah waktu, tempat, dan kesempatan untuk berkholwat (bermesraan) dengan Allah, karena itu sumber energi dan obat kekecewaan dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s