Fiqih

Panduan Haji

Buat Sahabat yang akan menunaikan HAJI:
Panduan Haji Mudah #02

Oleh Ust. H. Rusmono Hy, S.Pd.I

Pembimbing Ibadah Haji & Umroh Masjid Raya Pondok Indah Jakarta Selatan
TIPS MENGATUR WAKTU PADA SAAT HAJI 

 

1.  Niat dan Tekad

Sejak awal berangkat dari tanah air, hendaknya Anda sudah berniat dan bertekad akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat di Makkah dan Madinah. Bahkan juga bertekad memanfaatkan waktu dengan baik mulai keberangkatan, naik pesawat hingga selesai ibadah hajinya.
2.  Rencanakan Ibadah Anda

Pepatah mengatakan ”Tanpa Perencanaan, Anda sama saja dengan Merencanakan Kegagalan”. Pepatah ini juga berlaku dalam ibadah haji dan umrah. Tanpa perencanaan yang baik, ibadah haji Anda kurang sempurna.

Anda harus merencanakan ibadah haji Anda. Kalau perlu tulis rencana Anda dalam kertas dan jadikan ia sebagai janji kepada diri sendiri untuk dilaksanakan. Tulis apa saja yang akan Anda lakukan nanti di masa haji. Target apa yang akan Anda capai. Kebiasaan apa saja yang akan Anda lakukan di Tanah Suci.

Sebagai contoh, Anda bisa merencanakan dan menulis rencana serta target Anda seperti ini :

– shalat jama’ah 5 waktu

– membaca Al Quran sehari 1 juz, atau setiap selesai shalat

– thawaf sunnah setiap hari

– shalat malam setiap hari

– membaca buku manasik sebelum beramal dan buku agama

– hanya berkata yang baik-baik

– tidak banyak ngobrol dan menggunjing orang
3.  Bawa Perlengkapan Ibadah Anda

Persiapkan dari rumah untuk membawa alat-alat ibadah yang Anda perlukan. Seperti Al Quran, peci, mukena, buku agama, buku manasik, dan lain-lain. Bahkan jika Anda memiliki alat-alat audio, ataupun HP yang bisa memutar bacaan Al Quran, bawa saja. Dan jika Anda kelupaan membawa alat-alat ibadah, Anda bisa membeli di sana.
4.  Hindari Perbuatan Sia-Sia

Ingatlah tujuan Anda pergi ke tanah suci adalah beribadah. Hindari perbuatan yang sia-sia, atau bahkan menambah dosa. Contoh perbuatan yang sia-sia antara lain :

Terlalu banyak ngobrol yang tidak berguna, banyak berbelanja, lupa ibadah dan

jalan-jalan kesana kemari yang tiada guna, terlalu banyak makan, ngemil, atau cari makan di luar, telpon, SMS yang tidak berguna dan sebagainya.

Tinggalkan semua perbuatan yang sia-sia. Berfokuslah untuk membiasakan diri memanfaatkan waktu dengan baik untuk beribadah kepada Allah.
5.  Pilih Teman Yang Rajin Ibadah

Teman sangat mempengaruhi kita dalam segala hal. Apalagi jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa menolak ajakan teman. Karena itu, saat ibadah haji, pilihlah teman yang rajin ibadah. Sehingga Anda juga ‘ketularan’ rajin ibadah. Dan Anda bisa memanfaatkan waktu ibadah  Anda dengan baik. Saat ibadah haji, Anda akan menemukan banyak tipe manusia dengan latar belakang yang beragam. Ada yang rajin ibadah. Ada juga yang suka ngobrol. Dan ada juga yang suka belanja dan bingung  memikirkan oleh-oleh untuk saudara di tanah air.
Jika Anda benar-benar bertekad memanfaatkan waktu Anda dengan baik, maka Anda pasti memilih teman yang rajin ibadah. Sehingga Anda benar-benar bisa  memanfaatkan waktu haji Anda dengan baik.
6.  Tinggalkan Semua Urusan Dunia

Berfokuslah pada saat ibadah haji dan umrah hanya untuk ibadah saja. Tinggalkan semua urusan bisnis dan pekerjaan. Saat hendak berangkat haji, hendaknya semua urusan bisnis dan pekerjaan selesai. Dan saat Anda tinggalkan, Anda harus yakin semuanya akan baik-baik saja.
7.  Senantiasa MINUR AIR ZAM-ZAM 

Perbanyaklah minum air zam-zam selagi di Tanah Suci (selagi gratis), usahakan yang tidak dingin (not cold). Bisa di bawa ke hotel; dengan plastik makanan (bening) ukuran 3 atau 5 kg (mudah bawanya, jangan bawa botol apalagi derigen ke masjid). Selain untuk minum bisa juga untuk mandi di hotel. In syaa Allah sehat wal ‘afiat.

______________
Dibuka kembali *UMROH PROMO* :

9 Hari ;  29 Nov – 7 Des 2017, Rp. 22.5 Juta sudah termasuk Perlengkapan, Hotel *3 Pesawat Garuda/Saudia
*UMROH LIBURAN TAHUN BARU :*

9 Hari ;  26 Des 17 – 3 Jan 2018, USD 2.300 Hotel *5 Pesawat Garuda/Saudia
*Next Umroh ; 15 Jan, 14 Feb, 27 Mar 2018*
Pendaftaran : 

Divisi Haji & Umroh Masjid Raya Pondok Indah

Jl. Sultan Iskandar Muda No. 1 Pondok Indah Jakarta Selatan, Jakarta Indonesia 12310

Kantor  :   +6221.7666 166 

CP :   Ust. H. Rusmono Hy,  0816 4828 219 Pin D4EDDA8E

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s