Tafakur

Cara Allah

Abu Fatiah Al Adnani:

Anak seshalih Yusuf, yang begitu disayang ayah, mengapa harus mengalami peristiwa begitu tragis? Disakiti oleh saudara-saudara sendiri, dibuang ke sumur, ditemu musafir, lalu dijual sebagai budak dengan harga begitu murah? Habis itu, ia difitnah, lalu mendekam di penjara beberapa tahun?
Kalau boleh, mungkin kita akan usul agar tidak ada manusia-manusia pendengki seperti saudara-saudara Yusuf. Harusnya Yaqub, tidak membiarkan Yusuf diajak pergi saudara-saudaranya. Harusnya begini, alangkah baiknya jika begitu. Demikian seterusnya.
Cara yang kita inginkan serba mudah, lancar, tanpa gangguan suatu apa. Namun, cara Allah memuliakan Yusuf sungguh berbeda. Melalui Yusuf, Allah ingin mengajarkan makna ketakwaan yang berpadu dengan kesabaran, pertolongan setelah kesabaran, kemudahan setelah kesulitan, kemuliaan setelah ujian.
Seperti itu pula yang dialami oleh Musa. Dihanyutkan ke sungai. Ditemukan dan dipelihara oleh istri Firaun. Melarikan diri untuk menghindari tentara Firaun hingga terdampar di negeri Madyan. Sebelum akhirnya kembali. 
Bukan Musa tidak berdoa, jika jalan kemuliaan itu panjang. Bukan Allah tidak bisa mengabulkan doa, jika jalan itu berliku dan melelahkan. 
Kita hanya perlu memahami, itulah cara Allah. Andai jalan menuju kemuliaan itu mudah, para pemalas pasti meraihnya.  Andai jalan menuju kemuliaan itu penuh kesenangan, pastilah para pemuja syahwat berbondong memperebutkannya. 
Tidak, hikmah Allah tidak menghendaki demikian. Kemuliaan itu hanya diberikan-Nya kepada jiwa-jiwa yang layak menyandangnya. Yang teruji kesabaran, ketakwaan, keyakinan, dan kepasrahannya kepada Allah. Disertai husnuzhan bahwa Allah punya cara menyayangi kita, yang saking lembutnya banyak orang bodoh yang tak melihatnya.
Pertajamlah nur bashirah, banyaklah bermunajat, dan pertebal prasangka baik kepada Allah. Siapa yang sabar, pasti meraih kemuliaan.
Wallahu a’lam.
Hawin Murtadlo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s