Tentang

Kumpulan tulisan-tulisan Ilma Pratidina Suryandari mengenai kehidupan bagi yang butuh belajar, berlatih, mencari, ataupun sekedar haus ilmu agama Islam. Bukan seorang ustadzah ataupun motivator, hanya seorang tholabul ‘ilmi yang belajar agama melalui kajian tematik & kitab, lembaga studi non formal, buku-buku, kajian yang diupload di internet (youtube, social media, website), dan belajar dari pengalaman hidup.

Tafakur adalah suatu perenungan dengan melihat, menganalisa, meyakini secara pasti untuk mendapatkan keyakinan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah. Tafakur dalam Islam akan meningkatkan tauhid, keyakinan dan kepercayaan kepada Allah berdasarkan akal pikiran dan perasaan atau hati.

Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, Tafakur juga dapat digunakan untuk setiap saat melihat, memperhatikan perilaku, sifat, kejadian, masalah yang setiap saat muncul selama manusia menjalani kehidupan.

Dalam menjalani kehidupan harus selalu diwaspadai, akan terjadi hal-hal baru yang baik atau buruk, menguntungkan dan atau merugikan. Semua ini ada yang dapat diatasi dan diatur, ada yang tidak, terjadi secara spontan menurutkan kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala, ada yang dapat diterima dan lebih sering tidak dapat diterima. (Sumber definisi: Tafakur Training)

Dalil-dalil mengenai fadhilah tholabul ‘ilmiย di antaranya:

Menuntut ilmu adalah wajib atas setiap muslim.” (HR.Bukhari).

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Mujaadilah [58] : 11)

Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. (QS Az-Zumar [39]: 9)

Barangsiapa keluar dalam rangka tholabul ‘ilmi (mencari ilmu), maka dia berada dalam sabilillah hingga kembali.” (HR. Tirmidzi, hadits ini bersanad hasan)

Barangsiap menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR.Muslim)

Barangsiapa yang Allah kehendaki padanya kebaikan maka Allah akan pahamkan dia dalam (masalah) dien (agama).” (HR.Bukhari)

Selamat menikmati! ๐Ÿ™‚

Barakallahu fiikum…

Jakarta dan Palembang, tulisan dibuat sejak Februari 2016 dan mulai dipublish di blog sejak Januari 2017