Catatan Kajian

Ikutilah Sunnah

Hadits Pilihanku:
Ikutilah Sunnah..(Pesan dan wasiat indah dari 4 Imam rohimahumullohu)

[1] Imam Abu Hanifah rohimahullohu mengatakan :

إذا صحّ الحديث فهو مذهبي

Idzaa shohhal hadiitsu fahuwa madzh-habii

Apabila hadits itu telah sah maka itulah madzhabku

إذا قلت قولا يخالف كتاب اللّه تعالى و خبر الرسول صلى اللّه عليه و سلّم فاتركوا قولي

Idzaa qultu qoulan yukhoolifu kitaaballohi Ta’aala wa khobaror-rosuuli shollallohu ‘alaihi wa sallam fat-rukuu qoulii

“Apabila aku mengatakan suatu pendapat yang menyelisihi Kitabulloh dan Sunnah Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallama maka tinggalkanlah pendapatku.”

[2] Imam Malik bin Anas rohimahullohu mengatakan :

إنّما أنا بشر أخطىء و أصيب فانظروا في رأيي; فكلّ ما وافق الكتاب و السّنّة فخذوه, و كلّ ما لم يوافق الكتاب و السّنّة فاتركوه

Innamaa ana basyarun, ukh-thi`u wa ushiibu fan-zhuruu fii ra`yii:  fa kullu maa waafaqol-kitaaba was-sunnata fakhudzuuhu wa kullu maa lam yuwaafiqil kitaaba was-sunnata fatrukuuhu

“Saya ini hanyalah seorang manusia, bisa salah bisa benar. Maka telitilah pendapatku. Setiap pendapatku yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah maka ambilllah pendapat tersebut, sedangkan yang tidak sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah maka tinggalkanlah pendapatku.”

[3] Imam Asy-Syafi’ie rohimahullohu mengatakan :

أجمع المسلمون على أنّ من استبان له سنّة عن رسول الله صلى اللّه عليه و سلّم لم يحلّ له أن يدعها لقول أحد

Ajma’al muslimuuna ‘alaa anna manistabaana lahu ‘an Rasuulillaah shollallohu ‘alaihi wa sallam lam yahilla lahu an yada’ahaa liqouli ahadin

“Kaum muslimin telah sepakat bahwasanya barangsiapa yang telah jelas baginya suatu sunnah dari Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam maka tidak halal baginya untuk meninggalkan Sunnah tersebut karena perkataan (pendapat) seseorang.”

إذا صحّ الحديث فهو مذهبي

Idzaa shohhal hadiitsu fahuwa madzh-habii

Apabila hadits itu telah sah maka itulah madzhabku

كلّ مسألة صحّ فيها الخبر عن رسول اللّه  صلى اللّه عليه و سلّم عند أهل النقل بخلاف ما قلت فأنا راجع عنها في حياتي و بعد موتي

Kullu mas-alatin shohha fiihal khobaru ‘an Rosuulillaah shollallohu ‘alaihi wa sallam ‘inda ahlin naqli bikhilaafi maa qultu fa ana raaji’un fii hayaatii wa ba’da mautii

Setiap permasalahan yang berkenaan tentangnya terdapat hadits yang sah menurut ahli periwayatan (ahlul hadits) yang bertentangan dengan apa yang aku katakan maka aku rujuk (menarik kembali ucapanku) baik ketika aku masih hidup maupun setelah aku mati.”

[4] Imam Ahmad rohimahullohu mengatakan :

رأي الأوزاعي و رأي مالك و رأي أبي حنيفة كلّه رأي  وهو عندي سواء إنّما الحجّة في الاَثار

Ro`yu al-Auza’i wa ro`yu maalik wa ro`yu Abi Hanifah kulluhu ro`yun wa huwa ‘indii sawaa-un wa innamal hujjatu fil aatsaar

Pendapat al-Auza’i, pendapat Malik dan pendapat Abu Hanifah semuanya hanya pendapat, bagiku semuanya sama.  Yang menjadi hujjah itu hanyalah Aatsar

من ردّ حديث رسول اللّه صلى اللّه عليه و سلّم  فهو على شفا هلكة

Man rodda hadiitsa Rosuulillaah shollallohu ‘alaihi wa sallam fa huwa ‘alaa syafaa halakah

“Barangsiapa yang menolak hadits Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallama maka ia berada pada jurang kebinasaan.”

[Diringkas dan diterjemah Ibnu Mukhtar dari Shifat Sholat Nabi karya Syaikh Al Albani rohimahulloh  hal. 21-29, terbitan Al-Maktab Al-Islami cetakan keempat belas]

Leave a comment